AndroidKomputer

Cara Instal OTA updates Di semua Android

Cara Instal OTA updates Di semua Android – Setiap smartphone menerima pembaruan OTA (Over-The-Air) terlepas dari platform. Mereka adalah bagian penting dari ponsel Android apa pun. Dengan pembaruan OTA baru, datang satu set tambalan keamanan baru, perbaikan bug, dan bahkan versi Android terbaru. Meskipun Anda dapat pergi ke Pengaturan dan memeriksa pembaruan yang tersedia, tidak setiap perangkat menerimanya pada saat yang sama di seluruh dunia. Kami juga menangkap dan mendaftar pembaruan OTA di situs web dari waktu ke waktu. Jadi di sini kita memiliki tutorial tentang berbagai cara untuk menginstal pembaruan OTA secara manual yang benar-benar aman untuk dilakukan.

Ada dua cara untuk menginstal pembaruan OTA di perangkat Android apa pun. Cara konvensional adalah melakukan sideload zip OTA menggunakan ADB. Ini adalah metode yang paling banyak digunakan. Namun, itu memerlukan koneksi PC melalui USB seperti Windows, MacBook, atau mesin Linux. Anda juga perlu mengatur ADB dan Fastboot. Untungnya, kami telah mendaftarkan installer ADB dan Factboot 15 detik untuk PC.

Cara Instal OTA OTA updates Di semua Android

Sebaliknya, sebagian besar ponsel Android, tablet, atau Android memakai datang dengan opsi untuk menerapkan pembaruan OTA dari pemulihan stok itu sendiri. Ini membawa kami ke metode kedua untuk menginstal pembaruan OTA melalui mode pemulihan. Beberapa ponsel generasi yang lebih tua mungkin tidak memiliki opsi ini dalam pemulihan stok. Karenanya Anda mungkin ingin menyelesaikan dengan metode ADB pertama.

Cara Instal OTA menggunakan stock recovery mode?

Ini adalah metode paling sederhana dan tidak mengharuskan Anda menghubungkan ponsel ke komputer Anda atau perangkat lain. Yang Anda butuhkan adalah file pembaruan OTA yang ditandatangani dari pabrikan Anda dan transfer ke penyimpanan internal ponsel Anda.

Sebelum Anda melanjutkan, periksa versi OTA tambahan dan versi asalnya. Pastikan perangkat Anda ada di versi dasar.

Langkah 1. Unduh file zip pembaruan OTA terbaru dan transfer ke penyimpanan internal ponsel Anda.

Langkah 2. Reboot ponsel Android Anda ke Mode Pemulihan saham. Pada sebagian besar ponsel Android, cara untuk reboot ke recovery stock adalah dengan mematikan perangkat Android Anda sepenuhnya. Kemudian tekan dan tahan tombol daya dan tombol volume bawah selama beberapa detik. Pilih Pemulihan untuk masuk ke mode pemulihan stok.

Catatan: Cara alternatif untuk mem-boot ulang ke mode pemulihan tercantum dalam metode 2 (ADB sideload) di bawah ini.

Langkah 3. Setelah masuk ke Mode Pemulihan, pilih “Terapkan Pembaruan dari penyimpanan ponsel” atau “Terapkan pembaruan dari kartu”.

Langkah 4. Navigasikan ke lokasi file zip OTA dan pilih.

Langkah 5. Konfirmasikan instalasi dan operasi akan mulai memperbarui ponsel Android Anda. Ini mungkin memakan waktu beberapa menit.

Langkah 6. Setelah instalasi selesai, secara otomatis akan reboot. Jika tidak, kembali dan reboot secara manual.

Cara Instal OTA updates Menggunakan ADB sideload

Sejauh ini, ini adalah metode teraman dan terjamin untuk menerapkan pembaruan OTA. Ini adalah metode resmi untuk menghentikan pembaruan OTA di sebagian besar perangkat Android. Jika Anda memilih metode ini, maka Anda harus memiliki pengaturan ADB dan Fastboot di PC. Ikuti instruksi di bawah ini.

Langkah 1. Seperti biasa, unduh file pembaruan OTA tambahan untuk perangkat Anda dan transfer ke PC, Mac Book, atau mesin Linux tempat Anda dapat menemukannya dengan mudah.

Langkah 2. Aktifkan USB Debugging dan Advanced reboot pada perangkat Android Anda dari Opsi Pengembang. Untuk melakukannya, buka Pengaturan> Opsi Pengembang> aktifkan USB Debugging dari sana.

Langkah 3. Pastikan untuk Mengaktifkan ADB dan Fastboot pada PC Anda. Siapkan ADB dan Fastboot dengan mudah di Windows, Mac OS, Linux atau Chrome OS dari sini.

Langkah 4. Pergi ke lokasi di mana file pembaruan hadir. Hubungkan perangkat Android ke PC.

Arahkan ke lokasi tempat Anda meletakkan file OTA di PC Anda. Untuk melakukannya, ketik cmd di bilah alamat dan tekan tombol Enter.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close